Kamis, 28 April 2011

Day 24 : XO Sauce

jika mendatangi resto yang menyediakan masakan cina, seringkali menemukan menu dengan embel-embel XO Sauce di belakangnya. selain itu, kalau lagi cari ide mau masak apa, sering nemu resep yang menggunakan XO Sauce ini sebagai salah satu bumbu penyedapnya. selama ini yang gw tau itu ya XO Sauce yang dijual di pasaran. sudah dikemas dalam kemasan botol. salah satu bahan paling gampang kalo mau bikin masakan enak. mau cepet masak tapi hasil enak, tumis-tumis aja pake XO sauce ini. tanpa ditambah apa-apa, dia sudah kaya rasa.

gw sebenernya daridulu penasaran, sebenernya apa sih XO sauce itu. terbuat dari apa aja dan kenapa namanya harus XO. berikut adalah penjelasan yang saya dapatkan dari sumber : okefood

Konyak XO populer di Hong Kong dan merupakan barang mewah bagi penduduk sana. Istilah ”XO” lalu sering digunakan di Hong Kong untuk menunjukkan produk berkualitas baik. Menurut sejarah, pada 1980-an juru masak di Hong Kong sering memasukkan unsur-unsur masakan Barat.

Menurut artikel New York Times, rumah makan spesialis penghidang menu sirip ikan hiu, Sun Tung Lok yang dikelola keluarga Yuen, adalah pembuat saus XO yang pertama. Setelah itu, rumah makan hidangan laut di Kowloon bernama Fook Lam Moon mengikutinya. Mereka mulai membotolkan dan menjual saus racikan dapur restoran.

Kisah lain mengatakan, rumah makan hidangan laut East Ocean dan Tsui Hang Village-lah yang merupakan pencipta saus XO. Saus ini dipakai sebagai penyedap untuk berbagai jenis masakan tumis, mi, bubur, maupun dim sum. Selain itu, saus XO juga kerap dihidangkan di piring kecil sebagai teman minum, sebagai hidangan pembuka, atau sebagai penyedap jenis masakan lain semisal sambal.

Walaupun tiap saus dibuat oleh masing-masing koki dengan bumbu serta racikan yang berbeda, namun pada umumnya saus ini terbuat atas bahan hasil laut seperti ebi, teri, scallop kering, cabai, merica, dan dipadu dengan bumbu-bumbu dapur seperti gula, garam, juga minyak.

Saus XO tentu kerap digunakan pada masakan China Kanton sebagai bumbu penyedap. Saus ini diciptakan sekitar tahun 1980-an. Konon, resep saus XO merupakan rahasia dapur rumah makan hidangan laut di Hong Kong.

Tapi saat ini, saus XO banyak tersedia dalam kemasan botol, bahkan rumah makan di Hong Kong sering menjual saus XO hasil racikan sendiri di dalam kemasan botol. Salah seorang produsen saus XO yang terkenal adalah Lee Kum Kee, yang mulai menjual saus ini pada 1992.
ohh jadi si XO itu sendiri ternyata singkatan dari extra old cognac toh.
hmmm, ngomongin si saus jadi laper deh, ah tapi makan siang masih satu setengah jam lagi. *krucuk krucuk*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;