Jumat, 06 Mei 2011

Sekitar Setahun yang Lalu

hampir satu minggu berlalu pada bulan kelima di tahun ini. tahun lalu di bulan yang sama merupakan masa-masa menuju kondisi ultimate dalam perjalanan meraih sebuah titel : sarjana teknik. yang setelah diraih kini membuat gw bisa membiayai kebutuhan hidup sendiri.
kilas balik ke kurang lebih satu tahun yang lalu.
waktu itu gw mati-matian harus lulus juni agar bisa diwisuda bulan juli bertepatan dengan hari ulang tahun mama. kenapa mati-matian? selain tugas akhir, kewajiban jadi kabid di FPS juga banyak. konsentrasi harus terpecah dua. jadi kira-kira seperti inilah yang gw lalui sekitar satu tahun yang lalu dalam "kehektikan pokoknya saya harus wisuda juli"
  • bimbingan demi bimbingan, yang seringkali bikin putus asa jika masih saja harus menambah ini dan itu atau harus melakukan pemodelan lagi, running program lagi. memodelkan kasus dalam plaxis mungkin ngga butuh waktu yang lama, tapi jumlah iterasinya itu loh, butuh waktu banyak untuk running 1 kalkulasi dalam 1 pemodelan. dalam 1 pemodelan gw ada lebih dari 10 kalkulasi. sedangkan pemodelan gw ada 10 biji kawan. coba deh di kali kan, butuh banyak banget waktu kalau pemodelannya masih ada yang salah atau harus ditambah ini itu lagi. gw suka stres banget khawatir waktu gw ngga cukup untuk menyelesaikan semuanya.
  • mencari senior untuk diskusi mencari pencerahan tentang tugas akhir.
  • ke kosan ngawi malem-malem nebeng kompie nya buat nge run perhitungan plaxis yang ngga sanggup dikerjakan oleh laptop gw. mau ngga mau harus sering begadang di kosan ngawi sampai jam 2-3 pagi. untunglah ngawi sama stanley mau berbaik hati anterin gw pulang walaupun udah sepagi itu dan suka cium bau melati yang bikin merinding di tengah jalan. haha, thanks a lot guys!
  • balik jam segitu belom bisa langsung tidur gitu sesampainya di kosan. hasil running program yang didapat masih harus dibuat laporannya yang rapi untuk diberikan kepada pembimbing pagi itu juga.
  • berhubung tugas akhir gw ada tentang pipingnya, yang mana gw bener-bener buta tentang dunia per pipa an, akhirnya harus nyari berbagai sumber literatur sampai ke berbagai jurusan, mulai dari teknik perminyakan, teknik material sampai ke teknik mesin. dan terimakasih kepada teknologi yang menyediakan begitu banyak sumber melalui media internet.
  • selesai dengan plaxis bukan berarti selesai juga perhitungan. masih harus melakukan berbagai perhitungan manual atas output yang didapat dari si plaxis.
  • hingga pada akhirnya seluruh analisis diapprove oleh bapak pembimbing dan gw boleh menulis laporan tugas akhir hingga bab akhir kesimpulan dan saran, kemudian voila, jadilah draft skripsi gw.
  • lagi-lagi gw mau berterimakasih sama teknologi dan juga anak kimia06 bernama ubay yang punya bisnis printing online *gw promosiin nih bay*. draft laporan tugas akhir kan tebalnya bikin idih males banget kalo harus ngeprint sendiri yang ada printer gw jebol. belom lagi harus diprint 4 kali untuk diberikan kepada penguji sidang. nah yang perlu gw lakukan adalah mengirimkan draft laporan melalui email ke printin9online@gmail.com tinggal tulis mau diprint berapa kali, dijilid atau ngga, yang mana aja yang harus berwarna, hasilnya mau diantar jam berapa ke alamat mana. ditinggal isitirahat sebentar, makan terus mandi eh tiba-tiba ada ketokan pintu di kamar kosan, si ubay mengantarkan hasil print draft laporan gw.
  • urusin administrasi supaya bisa sidang.
  • cari jadwal yang cocok untuk antara pembimbing dan penguji.
  • bikin slide presentasi sidang yang harus menarik sesuai dengan permintaan pembimbing.
  • dan pada 21 juni 2010, akhirnya gw sidang tugas akhir juga deh dan dinyatakan lulus. superyeayy.
  • puas dengan sistem dan hasil kerjanya ubay maka gw menggunakan jasa bisnisnya kembali setelah sidang dan revisi, ketika draft sudah menjelma menjadi laporan tugas akhir yang akhirnya sudah bisa dibukukan.
haha seru juga kalo inget inget waktu itu. tapi ya bener kata pepatah, di mana ada kemauan di situ ada jalan. kumpulkan niat, pasang target, kejar! buat yang lagi ngegenjot tugas akhir, smangat kawan..genjot teruuus!

4 komentar:

shelty mengatakan...

ih seru abis kak ada printingonline!!! gw baru tau itu deh...

christine mengatakan...

iya shel,sungguh amat memudahkan :D

Unknown mengatakan...

ubay yang temennya tere:D rasanya kaya seabad yang lalu ya tin:D

christine mengatakan...

yoiii,yang ketemu di lisung sih, waktu ngedate kita yang terakhir ber 4 sebelum gw pindah ke jkt. cepet banget kan waktu berjalan

Posting Komentar

 
;