Rabu, 27 Juli 2011

Kontrak

25-26 Juli kemarin saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti "Two Day Training Seminar on Managing of Construction Claims" Under FIDIC Construction Contract MDB Harmonised Edition di Balai Kartini. *doh panjang bener…* FIDIC sendiri adalah singkatan dari Federation Internationale Des Ingenieurs-Conceils atau dalam bahasa Inggrisnya International Federation of Consulting Engineers, merupakan perkumpulan dari assosiasi-assosiasi nasional para konsultan (consulting engineers) seluruh dunia. FIDIC telah menerbitkan berbagai bentuk standar yang berlaku secara internasional dari dokumen dan persyaratan kontrak untuk proyek-proyek pekerjaan sipil.

Dalam training seminar yang saya ikuti, dibahas tuntas tentang klaim. Baik klaim oleh kontraktor maupun pengguna jasa. Saya belajar tentang apa-apa saja yang dapat diklaim, dalam kondisi seperti apa klaim dapat diajukan, waktu klaim, bagaimana prosedur klaim dan hal terkait lainnya. Saya yang sebelumnya hanya mengetahui sedikit sekali mengenai kontrak sangat tertarik dengan bahasan dalam seminar tersebut.

Seringkali antar pihak dalam kontrak tidak membaca dan membuat kontrak dengan benar. Untuk bagian-bagian umum hanya menyalin ulang dari kontrak-kontrak terdahulu dan dibaca secara kasar, sedangkan perhatian diberikan kepada bagian khususnya. Nah ternyata tren saat ini yaitu kontraktor seringkali cerdik mencari titik lemah owner dalam kontrak kemudian mengajukan klaim. Dalam hal ini tentu saja owner akan dirugikan. Oleh karena itu jelas sekali yang namanya kontrak memang harus teliti dan hati-hati dibuat serta dibaca. Harus adanya pembagian resiko, hak dan kewajiban yang jelas dan seimbang antar pihak yang saling terkait.

Selain pembahasan tentang klaim, dibahas pula tentang manajemen variasi (perubahan pekerjaan dalam kontrak) dan sengketa. Dua hari yang sangat menarik dan memperkaya ilmu. Awalnya saya sempat minder sebagai peserta termuda, saya tebak pasti saya satu-satunya yang minim pengalaman. Ya namanya juga masih baru setahun lulus kuliah. Tapi kan kami sama-sama datang untuk belajar. Pada akhirnya justru saya senang karena mendapat banyak cerita pengalaman dari para peserta yang sudah senior pada saat coffee break dan makan siang. Di sana saya berkenalan dengan banyak orang dari berbagai pihak yang biasa terkait dalam suatu proyek, baik owner, konsultan maupun kontraktor.

Terimakasih bos untuk kesempatan yang diberikan kepada saya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;