Kamis, 04 Agustus 2011

Waktu Kuliah Seperti Apa (II)

Gw sendiri termasuk jenis mahasiswa standar dengan kadar hoki standar juga.
Lebih sering diajar oleh dosen yang enak ngajar dan nilainya. Beberapa kali nitip absen dan ga pernah ketangkep. Jadi front seater kalo kuliahnya menarik dan dosennya oke. *oke dalam mengajar dan juga oke seperti mister so damn hot* hahaha,bercanda! Dengerin kuliah juga cuma untuk materi-materi yang menarik, kalau ngga menarik tetep masuk kelas tapi ngga fokus.

Sebenernya inilah yang gw sesalkan. Banyak banget sepertinya yang seharusnya didengar diperhatikan ketika kuliah malah gw abaikan. Sekarang dalam pekerjaan terkadang bingung dalam menganalisis kasus nyata. Padahal gw yakin banget kasus-kasus yang ada dalam pekerjaan nyata sekarang pernah dibahas di kelas. Gw inget pernah denger tapi cuma masuk kiri keluar kanan, ngga diperhatikan dengan baik. Aduh menyesalnya....

Contohnya aja kasus-kasus seperti ini; tanah yang dulunya pernah dibangun gedung di atasnya, tanah yang dulunya kolam kemudian ditimbun, tanah yang setelah digali langsung ditimbun, dalam kondisi bermacam-macam tersebut masa kritis terjadi saat short term ataukah long term. Seinget gw sih kasus-kasus tersebut seringkali diulang-ulang di kelas bahkan dalam mata kuliah yang berbeda. Malahan keluar juga dalam soal ujian untuk kemudian dihitung penurunannya dan lain sebagainya.

Biasanya contoh kasus yang seringkali terjadi di lapangan, ngga dijelaskan di text book bagaimana cara menganalisisnya. Oleh karena itu diberikan ketika kuliah supaya mahasiswa nantinya paham setelah berkecimpung di dunia nyata dan menghadapi kondisi nyata lapangan. Jadi memberikan konsentrasi penuh saat kuliah itu penting sodara-sodara, kalau malas mendengarkan teori cukup berikan perhatikan lebih pada bagian studi kasus. hehe..

Nah, biasanya di tengah-tengah kebingungan yang gw lakukan adalah :
1. pastinya harus bertanya dan berdiskusi dengan pemberi kerja
2. bertanya kepada senior di kantor
3. bertanya kepada senior di kampus dulu
4. mencari referensi melalui browsing internet dan buka lagi bermacam-macam buku
5. berdiskusi dengan teman kuliah
6. dan yang ngga kalah penting yaitu bergabung ke milis yang sesuai dengan major studi ataupun bidang pekerjaan. contohnya, gw gabung ke milis forum geoteknik indonesia. di sana banyak sekali diskusi-diskusi tentang kasus nyata di sana yang dapat dipelajari. biasanya ada beberapa expert yang langganan bermurah hati untuk membantu menjawab pertanyaan dan memberikan referensi.

Jadi buat yang masih kuliah, gyaaaa, jangan disia-siakan sebelum menyesal kemudian.. :D

Selamat siang kawan, selamat menanti berbuka untuk yang berpuasa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;