Senin, 13 Juni 2011

Memasuki Rumah Baru

Yippie setelah bekerja rodi angkut angkut dan beberes barang yang seabreg, mulai hari sabtu kemarin kami sekeluarga pindah ke rumah yang baru. Berhubung ribka, adik gw, menerima sakramen peneguhan sidi pada hari minggu, maka kemarin kami membuat acara syukuran masuk rumah baru+ribka naik sidi. Semula gw kira hanya syukuran biasa, kebaktian kemudian makan siang. Eh ternyata acara memasuki rumah baru versi batak ini agak berbeda dari syukuran yang gw kira. Singkatnya seperti ini : pertama-tama masing-masing keluarga yang datang membawa beras dalam tandok yang harus kami terima saat mereka memasuki rumah. Dari pihak sinaga (keluarga bokap) dan situmorang (keluarga nyokap) masing-masing membawa ikan mas arsik dan ada pula seekor utuh b*bi yang udah dimasak. Setelah acara seserahan dilanjut kebaktian dan makan siang. Setelah makan siang, pihak-pihak yang tadi membawa bermacam-macam itu berbicara atau 'mandok hata' dalam bahasa batak kemudian mengulosi (memberi ulos) kami sekeluarga.


Sepertinya dulu juga setiap memasuki rumah baru memang ada acara seperti ini, tapi gw masih kecil jadi ngga begitu ngeh. Gw sendiri belum mengerti maksud dari acara adat tersebut. Nanti begitu ada kesempatan pasti gw akan bertanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;